Kondisi Geologi dan Bentuk Muka Bumi Indonesia


Jalur Super - Halo sobat kembali lagi ke blog jalur super yaitu blog dan berbagai artikel seputar teknologi, android, pendidikan dan masih banyak lagi ada di sini.  Nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan kepada sobat artikel seputar pendidikan yaitu  mengenai ilmu pengetahuan sosial atau yang biasa disebut dengan IPS.

Image by Jalur Super


Nah sesuai dengan judul di atas kali ini kita akan membahas mengenai kondisi geologi yang ada di indonesia.  Nah seperti apakah kondisi geologi di indonesia? Ayo kita baca dan pelajari kondisi geologi yang ada di indonesia pada artikel di bawah ini.

Kondisi Geologi di Indonesia

Nah saya punya pertanyaan untuk sobat yaitu, pernahkah sobat mendengar istilah lempeng bumi? Nah ternyata bumi tempat kita hidup, tidak bulat secara utuh, tetapi terdiri atas lempengan yang bergerak terhadap satu dan lainnya. Di indonesia sendiri pelu kita ketahui bahwa, indonesia terletak pada pertemuan tiga lempeng tektonik besar yaitu lempeng Indo-Australia, Eurasia, dan yang terakhir lempeng Pasifik.

Lempeng Indo-Australia bertumbukkan dengan lempeng Eurasia yang berada di lepas pantai Sumatera, Jawa, dan Nusa Tenggara. Sedangkan lempeng Pasifik pertumbukkan dengan Eurasia di utara Papua dan Maluku utara. Nah tumbukan lempeng lempeng tersebut kemudian berbentuk menjadi rangkaian pegunungan yang sebagian menjadi gunung merapi di sepanjang Pulau Sumatera, Jawa, dan Nusa Tenggara.

Selain terbentuk menjadi pegunungan dan gunung merapi, tumbukan antar lempeng tersebut juga menghasilkan fenomena gempa bumi. Apakah yang menyebabkan gempa bumi terjadi?

Nah gempa bumi terjadi karena lempeng dihasilkan saling bertumbukkan kemudian menghasilkan getaran yang sangat sampai di permukaan bumi. Di bagian asia tenggara sendiri, salah satu negara yang paling rawan mengalami bencana gempa bumi yaitu indonesia, tamtama pada pulau-pulau sepanjang pertemuan lempeng Sumatera, Jawa, Nusa Tenggara, Maluku, dan Sulawesi.

Info Tambahan
Sebenarnya peristiwa bencana alam merupakan bentuk keseimbangan alam. Gunung yang meletus mengeluarkan banyak mineral yang kemudian mengendap di daerah sekitarnya. Nah material-material tersebut kemudian meremajakan tanah yang telah berkurang kesuburan nya karena pengikisan atau erosi.

Andai tidak ada letusan gunung merapi, kesuburan tanah tentunya akan semakin menurun. Salah satu hal yang perlu kita lakukan adalah berupaya menghindari bencana dengan melakukan persiapan jika bencana terjadi.

Nah saya rasa penjelasan kondisi geologi indonesia di atas ini sudah cukup. mari kita melangkah penjelasan mengenai bentuk muka bumi indonesia. Seperti apakah itu? mari kita baca sama sama.

Bentuk Muka Bumi Indonesia

Negara indonesia kita ini terdiri atas belasan ribu pulau, baik itu yang berkurang kecil maupun yang berukuran sangat besar. Jumlah pulau seluruhnya diperkirakan mencapai 13.466 buah. Wow! Sangat banyak bukan?

Nah luas wilayah indonesia sendiri mencapai 5.180.053 km2, gua silat tersebut masih terbagi antara luas daratan yaitu, sekitar 1.922.570 km dan luas perairan mencapai 3.257.483 km. Nah hal ini menunjukkan kejelasan bahwa luas wilayah perairan indonesia lebih besar dibanding luas wilayah daratannya.

Jika sobat perhatikan keadaan pulau-pulau yang ada di indonesia, tampak adanya keberagaman bentuk muka bumi. dan bentuk muka bumi tersebut dapat dibedakan menjadi dataran rendah, dataran tinggi, bukit, gunung, dan pegunungan. Nah untuk mengetahui lebih jelas sebaran dari bentuk muka bumi indonesia. Sobat dapat melihatnya pada peta fisiografi indonesia berikut ini.

Peta Fisiografi Indonesia

Artikel Terkait
Nah pada  peta fisiografi di atas ini tampak sebaran bentuk muka bumi indonesia dari mulai dataran rendah sampai pegunungan. untuk membaca peta tersebut perhatikanlah legenda atau keterangan peta simbol berwarna kuning menunjukkan dataran rendah. perang hijau menunjukkan daerah perbukitan, warna oranye menunjukkan dataran tinggi, dan yang terakhir warna coklat menunjukkan pegunungan.

Nah bagaimana dengan penjelasan kondisi geologi dan bentuk muka bumi indonesia di atas ini, lengkap bukan? Nah dengan penjelasan diatas ini semoga cukup menambah pemahaman sobat mengenai kondisi pada negara tercinta kita (Indonesia) dan menambah wawasan sobat dalam pelajaran IPS.

Saya rasa cukup sekian artikel kali ini semoga apa yang saya bagikan kali ini bermanfaat untuk sobat yang telah berkunjung, terima kasih atas kunjungannya ke artikel ini, dan nantikan artikel-artikel seputar pendidikan berikutnya dari jalur super. Salam Anak Bangsa!

Feri irawan Blogger asal Sulawesi Selatan yang jarang posting artikel.

2 Responses to "Kondisi Geologi dan Bentuk Muka Bumi Indonesia"

  1. Sangat membantu sekali mas. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama-sama bro. Alhamdulillah, senang bisa membantu

      Delete
Silahkan tinggalkan komentar Anda jika artikel ini bermanfaat. Anda juga dapat meninggalkan pertanyaan atau saran.

Semua komentar dapat saya baca, namun tidak semuanya dapat saya balas. Mohon dimaklumi

Jika kolom komentar tidak tampil, silahkan ubah akhir URL m=1 menjadi m=0

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel