Pengertian Peta dan Unsur-Unsurnya


Halo sobat balik lagi di blog jalur super. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan kepada sobat artikel mengenai hal dalam pendidikan atau pelajaran yaitu ilmu pengetahuan sosial atau yang biasa disebut dengan IPS.

Nah sesuai dengan judul artikel di atas, pembahasan IPS kali ini ialah hal-hal mengenai peta. Apakah yang dimaksud dengan peta? Untuk mengetahui lebih dalam hal-hal mengenai peta. Silahkan simak penjelasan-penjelasan berikut ini dengan cermat.

Pengertian Peta

Peta adalah gambaran permukaan bumi yang terdapat pada media atau bidang datar, misalnya kertas. Yang gambarnya diperkecil menggunakan skala.
Background by Freepik

Unsur-Unsur pada Peta

Nah pada peta terdapat unsur-unsur yang dicantumkan pada saat membuat petah agar para pengguna atau pembaca peta dapat lebih mudah untuk mengenali suatu objek atau lokasi yang terdapat pada gambaran sebuah peta.

Apa sajakah yang termasuk unsur-unsur peta? Berikut beberapa unsur-unsur yang terdapat pada peta beserta penjelasannya.

#Judul Peta

Judul peta merupakan komponen pertama pada peta yang fungsinya untuk menunjukkan isi suatu peta. Sebagai contoh, judul dari sebuah peta, yaitu "Peta penggunaan lahan di Indonesia", maka isi dari peta tersebut adalah sebaran penggunaan lahan-lahan yang ada di Indonesia berupa pemukiman, hutan, sawah, perkebunan, dan lain lain.

#Sakala Peta

Skala peta, yaitu suatu komponen pada peta yang menunjukkan perbandingan antara jarak di peta dengan jarak sesungguhnya yang ada di bumi. Contoh, skala pada sebuah peta adalah 1 : 1.000.000, berarti objek yang jaraknya 1 cm di peta berbanding dengan 1.000.000 cm atau 1 km di lapangan. Pada peta, skala dibedakan menjadi dua yaitu skala angka dan skala garis atau grafis. Apakah yang dimaksud dengan skala angka atau skala garis/grafis? Berikut penjelasan singkatnya.

-Skala Angka
Salah angka yaitu skala yang berwujud perbandingan angka, misalnya 1 : 10.000. Jika di belakang angka tersebut tidak disebutkan satuannya, berarti satuan yang digunakan adalah cm. Sehingga skala angka tersebut dibaca 1 cm di foto sama dengan 10.000 cm di lapangan.

-Skala Garis/Grafis
Skala garis atau grafis merupakan skala pada peta yang berbentuk garis dengan ukuran tertentu. Salah garis satu grafis biasanya terletak atau terdapat pada kolom legenda peta. Contohnya seperti gambar berikut.
By: andimanwno.wordpress.com

Jika contoh skala garis tersebut dibuat skala angkanya, maka skalanya adalah 1 :500.000 karena 1 cm di peta berbanding 5 cm di lapangan. Satuan dalam kilometer diubah menjadi sentimeter, sehingga 5 km jika diubah ke dalam cm akan menjadi 500.000 cm. Karena itu, skala peta menjadi 1 : 500.000

#Orientasi Utara

Orientasi utara misalnya terdapat pada setiap peta. Bentuk orientasi ditunjukkan oleh simbol berbentuk panah bentuk yang bervariasi. Penempatan nya pada kolom legenda atau pada bagian yang kosong di permukaan peta. Simbol seperti ini biasanya disebut dengan simbol arah mata angin. Berikut contoh gambar orientasi utara.


#Simbol Peta

Simbol peta adalah tanda khusus pada peta yang mewakili objek yang dipetakan. Tujuan dari simbol peta ini adalah untuk memudahkan pengguna dalam membaca dan memahami sebuah isi peta. Berdasarkan bentuknya simbol peta dapat dibedakan menjadi empat macam yaitu sebagai berikut.

-Simbol Titik
Simbol titik pada peta terdapat berbagai macam bentuknya. Simbol titik dapat berupa lingkaran, bujur sangkar, segitiga, dan lainnya. Sebagai contoh lambang ibukota biasanya diberikan simbol bujur sangkar, gunung api berbentuk segitiga dan ibukota kabupaten berbentuk lingkaran.

-Simbol Garis
Simbol garis dapat digambar dalam beragam bentuk dan ukuran ketebalan. Ketebalan garis dapat diatur sesuai dengan kaidah perpetaan. Misalnya simbol jalan biasanya berupa garis kontinu (tidak putus-putus) dengan ketebalan sesuai dengan kelas jalannya.

-Simbol Warna
Simbol warna pada peta digunakan dengan aturan tertentu. Tidak sembarang warna yang dapat digunakan untuk menandai objek-objek tertentu karena ada aturan perpetaannya.  misalnya warna perairan (sungai, danau, dan laut) diberi warna biru, jalan diberi simbol warna merah, dan lain lain. Nah warna pada tingkat ketinggian atau kedalaman disesuaikan dengan objeknya yang menunjukkan adanya perybahan secara teratur dan seterusnya.

-Simbol Area
Simbol area yaitu simbol yang menggambarkan objek yang ada di lapangan dalam bentuk ilustrasi. simbol area juga memiliki aturan tertentu dalam pemetaannya. misalnya area berupa sawah digambarkan dalam bentuk polygon tertutup yang di dalamnya terdapat simbol tanaman padi.

#Garis Koordinat

garis koordinat yaitu garis khayal pada peta berupa koordinat pada peta dalam bentuk garis lintang dan garis bujur.  garis koordinat sangat penting tujuannya karena untuk menunjukkan lokasi pada peta dibanding lokasi lainnya makan bumi serta menggambarkan karakteristik suatu lokasi atau di wilayah yang terdapat di peta. Misalnya, suatu lokasi yang terletak pada lintang tropis akan memiliki karakteristik iklim tropis

#Inset peta

insert merupakan peta kecil yang ada pada suatu peta yang fungsinya untuk menunjukkan lokasi daerah yang dipetakan diantara lokasi lainnya yang lebih luas.

#Legenda

legenda merupakan keterangan sebuah objek yang pendapat pada muka peta. pada legenda inilah seseorang atau membaca peta akan mengetahui tentang objek yang ada pada wilayah yang dikatakan. Umumnya, pada legenda hal yang diterangkan hanya berupa simbol simbol peta.


#Sumber Peta

Nah sumber peta merupakan komponen terakhir pada peta. Sumber peta bertujuan untuk menunjukkan seseorang atau lembaga yang membuat peta. Dari sumber peta inilah dapat diperoleh informasi untuk pembuat peta, sehingga dapat dinilai kualitas pate yang dihasilkannya.

Artikel Terkait

Nah saya itulah beberapa penjelasan unsur-unsur pada peta yang damapat saya jelaskan semampu mungkin. Bagaimana lengkap buka?

Saya rasa cukup sekian artikel mengenai pendidikan kali ini, yaitu mengenai peta dan unsur-unsurnya. Semoga apa yang saya bagikan dapat menambah pengetahuan Anda dan berniali pahala di sisi Tuhan Yang Maha Esa.

Saya Feri irawan mengucapkan terima kasih atas kujungan anda ke artikel ini. Dan nantikan artikel seputar pendidikan dari saya selanjutnya. Salam Anak Bangsa!

Feri irawan Blogger asal Sulawesi Selatan yang jarang posting artikel.

0 Response to "Pengertian Peta dan Unsur-Unsurnya"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar Anda jika artikel ini bermanfaat. Anda juga dapat meninggalkan pertanyaan atau saran.

Semua komentar dapat saya baca, namun tidak semuanya dapat saya balas. Mohon dimaklumi

Jika kolom komentar tidak tampil, silahkan ubah akhir URL m=1 menjadi m=0

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel