Terbaru 2020 Cara Membuat Website Gratis Milik Sendiri


Website merupakan sebuah halaman yang muncul di google jika kita menuliskan perintah atau kata pada kolom pencarian lalu mencarinya.

Dalam pengertian lain, Website adalah sekumpulan halaman web yang saling berhubungan. Website umumnya berada pada peladen yang sama berisikan kumpulan informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok, atau organisasi tertentu.

Cara Membuat Website Gratis Milik Sendiri
Sebuah website biasanya ditempatkan pada sebuah server web yang dapat diakses oleh siapapun melalui jaringan Internet, atau pun jaringan wifi  dengan menggunakan alamat Internet yang biasa disebut dengan URL.

Salah satu contoh website yang sering muncul di google ketika kita melakukan pencarian adalah website Google (google bantuan, google support dll), Wikipedia, Tribunnews dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu, website juga dapat dijadikan sebagai lapangan pekerjaan atau tempat penghasilan. Di jaman sekarang ini, di Indonesia sendiri terdapat banyak website yang cukup terkenal dan sebagian diantaranya dijadikan sebagai tempat penghasilan untuk para individu (pengangguran, karyawan) maupun kelompok. seperti tribunnews.com, detik.com, dan kompas.com

Jadi buat anda yang tergiur untuk membuat sebuah website, atau yang ingin menjadi pengangguran sukses. silahkan simak penjelasan serta langkah-langkah cara membuat website gratis milik sendiri dibawah ini.

Memilih Layanan Pembuat Website

Langkah pertama untuk memulai membuat sebuah website ialah memilih layanan pembuat website. untuk mencari layanan pembuat website anda tidak usah repot-repot mencarinya. karna disini saya telah menyediakan beberapa layanan pembuat website. apa saja layanan itu?

  1. Blogger.com
    Blogger.com merupakan sebuah layanan untuk membuat website gratis yang telah resmi dan juga merupakan layanan dari google.

    Di Indonesia layanan Blogger ini juga biasa disebut dengan Blogspot. karena alamat web yang digunakan oleh Blogger.com juga dapat diakses melalui alamat Blogspot.com.

    Untuk masalah penggunaannya anda tidak usah khawatir, karena blogger telah dirancang sedemikian rupa untuk membuat para penggunanya tidak terlalu kesulitan dalam menggunakannya.
  2. Wordpress.com 
    WordPress.com adalah layanan ngeblog gratis sama seperti blogger.com yang didirikan oleh perusahaan yang berbeda, yaitu Automattic.

    Wordpress ini cocok sangat cocok buat anda yang hanya sekedar ingin berbagi pengetahuan atau hobi anda dalam bentuk postingan secara cuma. Hal ini dikarenakan Wordpress.com tidak dapat dijadikan sebagai tempat penghasilan, kecuali dengan menggunakan WordAds.
  3. Wordpress.org
    Wordpress.org adalah salah satu layanan yang berasal dari perusahaan yang sama dengan wordpress.com, yaitu Automattic. Meskipun nama kedua layanan tersebut sama, itu bukan berarti isi juga sama.

    Nah hal ini dikarenakan Wordpress.com adalah tempat dimana kita dapat membuat website gratis tanpa memerlukan hosting dan domain. Lain halnya dengan, Wordpress.org yang merupakan tempat dimana kita bisa mendownload aplikasi WordPress yang nantinya bisa kita pasang di hosting dan domain sendiri.
Silahkan anda pilih salah satu layanan pembuat website diatas secara cermat.

Dari tiga pilihan di atas yang saya rekomendasikan untuk anda para blogger pemula, yaitu Blogger.com. Mengapa demikian? Karna blogger sangat cocok untuk anda para pemula dengan fitur-fitur mudah yang dimilikinya. 

Blogger.com ini tidak hanya cocok untuk pemula, tapi cocok juga untuk para profesional loh. Saya sendiri juga pakai blogger.com untuk ngeblog.

"Trus bagaimana cara membuat website di blogger.com?"

Nah untuk membuat website di blogger ini sangatlah mudah dan cepat. Bagaimana cara melakukannya? Silahkan simak langkah-langkah di bawah ini secara perlahan dan teliti

Cara Membuat Website di Blogger.com

Persiapan*
Dalam membuat website, hal pertama perlu anda siapkan adalah sebuah akun Google (wajib). Saya yakin sekarang anda pasti telah memiliki akun Google.
Tapi, jika anda belum mempunyai sebuah akun Google. anda bisa langsung membuatnya di sini.

Setelah anda memiliki sebuah akun Google, selanjutnya silahkan anda ikuti langkah-langkah pembuatan websitenya berikut ini.
  1. Buka situs www.blogger.com, lalu klik tombol berwarna jingga yang bertuliskan "Buat Blog" yang berada di bagian tengah halaman
  2. Selanjutnya pilih salah satu akun anda atau pilih akun google yang baru anda buat tadi. Kemudian masukkan kata sandi akun anda ketika diminta.
  3. Isi nama anda pada kolom text. Nama Anda akan digunakan sebagai nama pada profil website anda nantinya. Lalu klik tombol "Lanjutkan ke Blogger"
  4. Klik tombol "BUAT BLOG BARU" yang tertera pada bagian tengah halaman seperti gambar berikut ini.
  5. Buat judul blog dan alamat blog anda dan pilihlah tema sesuai keinginan anda. Jika selesai, silahkan klik tombol "Buat Blog" pada bagian kiri bawah.

Saran
Buat judul dan alamat blog yang menarik dan mudah diingat oleh para pengunjung, serta isilah alamat blog tanpa menggunakan spasi, misalnya.
Judul : Blog Feri Irawan
Alamat : blogferiirawan.blogspot.com
  1. Selesai.

Nah sekarang website anda telah jadi, dan gambar diatas ini merupakan tampilan awal atau dashboard blogger.com. Pada dashboard itulah anda akan mulai melakukan kegiatan blogging dengan menulis artikel sesuai keinginan atau hobi anda dengan berbagai macam topik.

Info Menarik Lainnya:   

Setelah selesai membuat website hal pertama yang saya sarankan adalah membuat halaman penting untuk website sobat.

   "Halaman apa saja yang penting dibuat, mas?

Ada beberapa halaman penting yang perlu dibuat di website terutama website baru, yaitu

- Halaman About
- Halaman Contact
- Halaman Privacy Policy
- Halaman Disclaimer
- Halaman Terms of Sevice, dan
- Halaman Sitemap

Jadi saya rasa cukup sekian artikel kali ini, terima kasih atas kunjungan anda ke artikel ini, semoga artikel cara membuat website gratis milik sendiri ini dapat bermanfaat untuk anda yang ingin mengenal dunia pembloggingan secara sedikit demi sedikit. 

Dan jangan sungkan untuk berkomentar tentang artikel ini jika terjadi kesalahan dalam melakukan langkah-langkahnya.

0 Response to "Terbaru 2020 Cara Membuat Website Gratis Milik Sendiri"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar Anda jika artikel ini bermanfaat. Anda juga dapat meninggalkan pertanyaan atau saran.

Semua komentar dapat saya baca, namun tidak semuanya dapat saya balas. Mohon dimaklumi

Jika kolom komentar tidak tampil, silahkan ubah akhir URL m=1 menjadi m=0

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel