Cara Menghubungkan Website Blogspot ke Google Analytics


Dalam membangun atau mengelola sebuah website, pasti setiap pengelola web, baik itu web individu atau web perusahaan ingin mengetahui informasi mengenai laporan perkembangan website miliknya.

Nah, salah satu cara untuk melihat hasil laporan atau analisis dari suatu website tertentu adalah dengan menggunakan salah satu layanan Google yaitu, Google Analytics.


Sebenarnya di luar sana ada banyak sekali layanan yang dapat digunakan untuk melihat hasil laporan atau analisis website dan salah satu di antaranya adalah Google Analytics ini, selain mudah untuk digunakan, layanan ini juga tidak akan memungut biaya sepeser pun alias Gratis.

Nah, sebelum mengikuti langkah cara menghubungkan website Google Analytics, ada baiknya jika anda mengetahui lebih dalam mengenai apa itu Google Analytics dan apa fungsi Google Analytics.

Apa itu Google Analytics dan Fungsinya?

Google Analytics merupakan salah satu layanan gratis milik Google yang fungsinya menampilkan statistik pengunjung dari sebuah situs web yang terhubung olehnya. Google Analytics dapat menelusuri pengunjung berdasarkan informasi-informasi dari setiap halaman pengacu, termasuk mesin pencari, iklan, jaringan pay-per-click, email marketing, dan juga setiap tautan yang terkandung dalam setiap dokumen PDF.

Jika diintegrasikan dengan AdWords, Google Analytics juga akan bermanfaat untuk menganalisis efektfitas setiap iklan AdWords yang dipasang di Google. Dengan Google Analytics, sobat dapat mengetahui iklan dan kata kunci apa yang paling banyak merujuk ke situs web pengguna.

Tidak hanya dalam bentuk web, Google Analytics juga ada dalam bentuk aplikasi yang dapat di akses melalui alamat google.com/analytics/. Google Analytics juga digunakan untuk mengetahui kepadatan trafik dari website/blog.

Dengan menggunakan layanan Google Analytics seseorang dapat membuat laporan tentang trafik website/blog dalam jangka waktu harian, mingguan, atau bulanan.

Nah penjelasan di atas mungkin sudah cukup. Selanjutnya mari kita lanjut ke cara menghubungkan website ke Google Analytics.

Mendaftarkan Website ke Google Analytics

Seperti dengan layanan google lainnya, hal pertama yang wajib dilakukan untuk menghubungkan website adalah dengan melakukan pendaftaran.

Cara mendaftarkan website ke google analytics tidaklah sulit seperti apa yang sobat pikirkan alias mudah. Bagaimana caranya? Simak dan ikuti langkah-langkah cara pendaftarannya di bawah ini dengan teliti.

  1. Buka tab baru di browser sobat (Chrome, Mozilla FireFox, dll) lalu kunjungi analytics.google.com
  2. Klik tombol "Buat akun secara gratis" berwarna biru yang berada di tengah halaman.
  3. Berikutnya, silahkan sobat isi formulir pendaftaran lalu klik lanjutkan jika selesai.
  4. Setelah itu silahkan sobat isi formulir sesuai data website sobat, misalnya Nama web, URL web dll. Kemudian klik lanjutkan.
  5. Terakhir, Sobat centang kedua pernyataan Privasi yang diajukan oleh Google Analytics lalu klik lanjutkan.
Jika sobat telah melakukan langkah-langkah di atas ini berarti sobat telah selesai membuat akun Google Analytics. Tapi, itu bukan berarti website sobat telah terhubung dengan Google Analytics.

"Trus bagaimana caranya agar website saya dapat terhubung ke Google Analytics? 

Nah sesuai yang saya katakan di atas, bahwa setelah selesai membuat akun itu bukan berarti website sobat telah terhubung ke Google Analytics. Sobat perlu melakukan dua hal di bawah ini, yaitu:

  1. Menempatkan ID Pelacakan Google Analytics di Website/Blog
  2. Menempatkan Tracking Script (Script Pelacakan) Google Analytics di Website/Blog sobat
Nah, untuk kedua hal diatas, sobat bisa membacanya di bawah ini.


Kira-kira begitulah cara menghubungkan website ke Google Analytics, mudah bukan?. Semoga artikel yang saya bagikan ini dapat bermanfaat untuk sobat yang masih pemula atau masih baru di dunia pembloggingan. Serta terima kasih atas kunjungan sobat ke artikel ini. Salam Anak Bangsa!

0 Response to "Cara Menghubungkan Website Blogspot ke Google Analytics "

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar Anda jika artikel ini bermanfaat. Anda juga dapat meninggalkan pertanyaan atau saran.

Semua komentar dapat saya baca, namun tidak semuanya dapat saya balas. Mohon dimaklumi

Jika kolom komentar tidak tampil, silahkan ubah akhir URL m=1 menjadi m=0

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel