Pengertian Interaksi Sosial, Syarat, dan Faktornya


DAFTAR ISI -
Jalur Super - Halo sobat kembali lagi di blog jalur super. Nah sesuai dengan judul artikel kali ini, saya akan membagikan sebuah artikel mengenai dunia pendidikan tepatnya pendidikan sosial, yaitu pengertian dan syarat-syarat dalam suatu interaksi sosial. Nah seperti apa penjelasannya? Berikut ini pembahasannya.

Pengertian Interaksi Sosial

Nah salah satu ciri yang dimiliki manusia adalah selalu hidup bersama dengan manusia lainnya. Kehidupan manusia sejak lahir di dunia sampai akhir hayat dikandung badan, terlibat di dalam suatu interaksi sosial. Contohnya pada bayi yang baru lahir. Pada bayi yang baru lahir pasti akan terlibat interaksi sosial dengan ibu atau pengasuhya.

Setelah besar, ia akan terlibat interaksi dengan tetangga, teman-teman sepermainan, dan teman-teman sekolah. Selanjutnya pada saat dewasa ia akan terlibat interaksi dengan teman-teman seprofesi dan seterusnya. Oleh karena itu, Sangat sulit menemukan manusia yang menyendiri tanpa melakukan interaksi dengan manusia lain.

Pada dasarnya manusia selalu ingin berkumpul dengan manusia lain, selalu ingin bertemu, berbicara atau ingin melakukan kegiatan-kegiatan lain dengan manusia yang lain pula. Jadi, dari penjelasan di atas dapat kita simpulkan bawha, Interaksi sosial adalah hubungan-hubungan antara orang perorangan, antara kelompok manusia, maupun antara orang perorangan dan kelompok manusia.

Salanjutya, melalui pergaulannya di masyarakat, manusia terbentuk sebagai makhluk sosial. Apa sih yang dimaksud dengan Makhluk sosial? Berikut pejelasannya.

Pengertian Makhluk Sosial

Manusia disebut makhluk sosial. Mengapa demikian? Nah, hal tersebut karena manusia memiliki Gregariuosness, yaitu suatu naluri untuk selalu hidup dengan orang lain. Sebagai contoh, nasi yang kita makan sehari-hari merupakan hasil kerja keras dari para petani, rumah yang menjadi tempat tinggal kita merupakan hasil dari kerja sama para pekerja bangunan atau mungkin tetangga kita yang sudah membantu untuk mendirikan rumah.

Nah jadi, seperti itulah yang dimaksud dengan makhkuk sosial. saya harap sobat cukup paham dengan pejelasan di atas ini. Tapi, sesuai dengan judul, kita tidak hanya membahasa pengetian dari interaksi sosial saja, kita juga akan membahas syarat-syarat dari interksi sosial. Apa saja syarat-syaratnya? Berikut pejelasannya.


Syarat-syarat Interaksi Sosial

Proses interaksi sosial akan terjadi apabila di antara pihak yang berinteraksi melakukan kontak sosial dan komunikasi. Nah jadi, proses interaksi sosial terjadi karena adanya dua faktor yang terpenuhi, yatiu Kontak sosial dan komunikasi sosial.

Nah itulah syarat-syarat yang terpenuhi sehingga terjadinya sebuah proses interkasi sosial. Selanjutnya

Faktor-Faktor Interaksi Sosial

Tidak hanya syarat-syarat saja tapi, proses interaksi sosial terjadi karena adanya bebrapa faktor yang menjadi dasar berlangsungnya suatu proses interaksi sosial. Apa sajakah foktor-faktor tersebut? Berikut penjelasannya.

  1. Faktor imitasi, yaitu proses seseorang mencontoh orang lain atau kelompok. Contohnya, seorang anak perempuan bermain masak-masakan karena melihat ibunya pada saat memasak di dapur.
  2. Faktor sugesti, yaitu pengaruh yang dapat menggerakkan hati orang. Contohnya, seorang pasien yang akan berobat ke seorang dokter, pasien tersebut akan cepat mengalami penyembuhan salah satunya disebabkan adanya rasa sugesti pada dokter tersebut.
  3. Faktor identifikasi, yaitu kecenderungan-kecenderungan atau keinginan-keinginan dalam diri seseorang untuk menjadi sama dengan orang lain. Contohnya, seorang anak yang mengidolakan pemain bola, sehingga semua tingkah laku idolanya akan dilakukan.
  4. Faktor simpati, yaitu kemampuan untuk merasakan diri seolah-olah dalam keadaan orang lain dan ikut merasakan apa yang dilakukan, dialami, atau diderita orang lain. Contohnya, pada saat ada tetangga kita yang tertimpa musibah, maka kita ikut merasakan kesedihannya dan berusaha membantunya.

Nah itulah bebrapa faktor yang mendasari proses berlangsungnya interaksi sosial. Entah itu terjadi di masayarakat atau dalam lingkup keluarga.

Oke sobat mungkin cukup sampai disini dulu artikelnya, saya harap penjelasan yang saya bagikan di atas ini dapat membuat sobat paham apa yang dimaksud dengan interaksi sosial dan apa syarat-syarat sehingga terbentuk interksi sosial dan semoga artikel ini dapat lebih bermanfaat untuk banyak orang.

Saya Feri Irawan, terima kasih atas kunjunganya ke artikel ini dan nantikan artikel-artikel pendidikan berikutnya dari Jalur Super. Salam Anak Bangsa!

Feri irawan Blogger asal Sulawesi Selatan yang jarang posting artikel.

0 Response to "Pengertian Interaksi Sosial, Syarat, dan Faktornya"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar Anda jika artikel ini bermanfaat. Anda juga dapat meninggalkan pertanyaan atau saran.

Semua komentar dapat saya baca, namun tidak semuanya dapat saya balas. Mohon dimaklumi

Jika kolom komentar tidak tampil, silahkan ubah akhir URL m=1 menjadi m=0

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel